Ramadan 2020, Bulan Puasa yang Super - Adisty Titania

Jumat, 22 Mei 2020

Ramadan 2020, Bulan Puasa yang Super

Ramadan tahun ini bener-bener super! Biasa sebulan penuh bareng di rumah terus sama Mas Bumi dan ibu," kata bapak.

"Iya, super good and bad," timpal Bumi lagi.

"Lho, kok, super good dan bad, kenapa?" jawab ibu yang penasaran.

"Ya, bad karena ada Virus Corona. Good, aku bisa buka puasa bareng terus sama ibu dan bapak. Bisa sering sholat jamaah. Biasanya kan bapak sama ibu pulangnya malem terus. Mana bisa buka puasa sama aku."

Huhuhuhu.... Maapin, ya, Mas Bumi 😢😢😢



***

Alhamdulillah... Di tengah pandemi Virus Corona, ternyata memang banyak hikmah yang bisa diambil, ya. Setidaknya buat kami, The Wahyudi's.

Awal Corona muncul dan harus work from home sih, sempet ngerasa ruwet banget. Pusing, bagi waktu antara beresin kerjaan, sama dampingin anak. Anak bolak balok tanya dan minta bantuin kerjain semua project dan work sheet-nya, sementara kerjaan kantor, kok, berasanya makin banyak.

Nggak kelar-kelar wooooiy. Belum lagi con call sehari bisa 3-4 kali.

Lalu aku ngeditnya kapaaaaaan????

Kondisi yang kaya gini akhirnya bikin nge-gass mulu ke Bumi. Berantem, deh. Syukur aja suami sigap banget. Tau sumbu sabar istrinya suka pendek, jadi sering banget turun tangan bantuin tugas Bumi. Malah, porsinya jauh lebih banyak 😅



Diam di rumah aja, ketemu selama 24 jam sama keluarga nyatanya nggak selalu bikin hubungan jadi mesra 😂😂😂, soalnya bisa sama-sama stress karena ngerasa overwhelmed.

Suatu waktu Bumi juga pernah bilang, "Aku mending ke sekolah aja, dimarahin Ms juga nggak apa. Tapi aku seneng bisa ketemu temen-temen aku."

Duh....sedih juga dengernya, sih. Dari sini bisa ketauan juga kalau Bumi emang jenuh. Kalau biasanya ada teteh Eli yang bisa diajak main sementara ibu dan bapaknya kerja, kali harus sendirian.



Rencana mau Lebaranan di rumah, teteh terpaksa pulang karena bapaknya meninggal....

😢😢😢

Work from home dua minggu, kondisi makin baik. Karena semuanya mulai bisa adaptasi.

Lalu Ramadan 2020 datang. 


Tahun ini memang harus dijalanin dengan cara yang beda. Bener-bener di rumah aja. Boro-boro bisa buka puasa bareng dan sholat taraweh di masjid. Semuanya bener-bener hanya berpusat di rumah.

Huhuhu... Aselik rindu pengen ketemu rang orang. Tapi kalau angka yang positif di Indonesia makin nambah terus, ya memang harus ditunda, sih.

Kesel banget pas denger berita banyak banget yang cuek bebek belanja ke mall buat beli baju. Belom lagi yang nekat mudik. Yawlooooh, aselik sedih banget.

Segitu egoisnya? Segitu kuatnya sampe nggak takut ketularan Corona? Nggak inget apa sama tenaga medis yang udah nahan kangen ketemu keluarga karena harus tanganin pasien? Belum lagi para dokter dan perawat yang akhirnya meninggal karena ketularan COVID-19.

Segitu susahnya, ya, tunda mudik? 😢😢😢😢

Dan sekarang tau-tau Ramadan 2020 udah mau lewat.

Rasanya ibadah belom maksimal, tapi udah mau Lebaran lagi.

Alhamdulillah, seluruh keluarga masih dalam kondisi sehat.

Kemarin, saking bosen dan kangen sama enin dan aki, sempet mampir ke Lebak Bulus. Tapi tetep aja nggak berani buat deket-deket. Jadi emang cuma mampir, bisa ngeliat langsung di teras. Abis itu juga mampir ke rumah mbah.

Aselik ya, pandemi COVID-19 ini memang mengubah semuanya.  Pola hidup lebih bersih, sampai kebiasaan lain yang akhirnya susah buat dilakukan lagi. Cium pipi kanan pipi kiri, pelukan, cium tangan, dan kebiasaan lainnya.

Nggak muluk-muluk, sekarang sih cuma berharap virus Corona ini cepet lenyap. Kangen mau beraktivitas normal kaya biasa.

Kangen ketemu orang-orang...kangen mau jalan-jalan.

Gara-gara Corona ini juga rencana mau liburan ke Labuan Bajo pertengahan Juli tahun ini jadi ambyar. Yaaah,  setidaknya ditunda sampe taon depan. Mudah-mudahan aja kondisinya udah balik kaya semula.

Eh, ya....19 Mei 2020 kemarin Bumi juga ulang tahun ke-10.

Selamat ulang tahun, Mas Bumi!




Udah bukan anak lagi. Tapi jadi remaja juga belom. Masih masa transisi pra-remaja.

Banyak doa yang dipanjatkan untuk Mas Bumi. Mudah2an selalu sehat, jadi anak sholeh, tambah kritis, dan moga2 aja harapan yang Mas Bumi ucapin saat tadi pas kita buka puasa bareng juga didengar dan dikabulin sama Allah.

Tadi, pas bahas syarat-syarat sholat ied di rumah minimal 4 orang, Mas Bumi bilang, "Yaaaah....coba aja aku punya adek. Meskipun mungkin sholatnya belum bener, tapi kan kita berempat."


Aamiin.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar