SehatQ, Sahabat Ibu Saat Sedang Risau - Adisty Titania

Jumat, 03 Januari 2020

SehatQ, Sahabat Ibu Saat Sedang Risau

"Ibuuuuuu.... teteh muntahnya berdarah. Kenapa tuh, bu? Kasihan teteh..."
Mendengar teriakan Bumi, dari arah kamar mandi yang bilang teteh, mbak yang bantu di rumah muntah darah, saya yang lagi asik baca buku langsung ngibrit ke kamar mandi.

Eh, bener aja. Teteh muntah darah.

Jelas saya panik. Langsung kepikiran, 'Aduh, teteh sakit apa, nih, kok, bisa sampai muntah darah? Padahal semalam saya lihat baik-baik aja. Lha, wong baru pergi tahun baruan sama suaminya ...

"Teh... kenapa? salah makan? Teteh sakit apa? Demam nggak?"

"Iya, bu... semalam memang nggak enak badan. Kaya meriang gitu, tapi saya minum obat, enakan. Bisa tidur. Ini nggak tahu kenapa bisa begini" ujarnya dengan raut wajah yang begitu was-was.

Nggak usah nunggu lama, saya pun langsung minta teteh untuk jalan ke Puskesmas. Kebetulan, nggak jauh dari rumah ada Puskesmas. "Paling nggak, teteh bisa dapat penanganan awal dulu dari dokter," pikir saya.

Setelah hampir satu jam di Puskesmas, teteh pulang ke rumah. Dan dokter bilang kalau teteh itu gejala tipes. Selain itu juga ada faktor maag yang cukup akut yang dialami teteh.

"Tadi saya juga disuntik, Bu... katanya biar nggak muntah darah lagi."

"Ya udah teteh istirahat aja dulu. Jangan lupa makan, minum obat. tidur aja... nggak usah mikirin apa-apa dulu..." 
"Iya, bu.... saya mau tidur aja dulu, ya..."
*hampir 4 jam berselang*

"Ibuuuuuuu....."

Kali ini giliran teteh sendiri yang manggil saya dari arah kamar mandi.

"Duh, apa lagi, nih?" batin saya.

Ternyata begitu saya di pintu kamar mandi, saya tahu kalau teteh muntah darah (lagi).

Begitu, lihat saya langsung bilang ke suami yang kebetulan memang ada di rumah.

"Ya, udah kita ke Rumah Sakit aja, kalau perlu cek darah," kata suami.
Singkat cerita, kami pun langsung bawa teteh ke Rumah Sakit. Setelah ketemu dokter IGD, konsultasi, seperti dugaan sebelumnya teteh dirujuk untuk cek darah.

Alhamdulillahnya dari hasil cek darah, nggak ada yang mengkhawatirkan. Cuma dokter memang bilang, kalau muntah darah itu bisa disebabkan berbagai faktor, salah satunya, ya, karena lambung yang luka.

"Bisa jadi memang ada pembuluh darah yang luka, bu... jadi memang bisa menyebabkan muntah darah."

Duuuh.... ternyata sakit maag memang nggak bisa disepelekan, ya. Ya, apa pun penyakitnya, memang nggak bisa disepelekan.

Memanfaatkan Aplikasi Kesehatan SehatQ

Sebagai ibu yang suka panikan saat tahu anak atau anggota keluarga yang sakit, saya tuh merasa beruntung jadi ibu-ibu milenial di era teknologi kaya sekarang. Soalnya, mau dapetin informasi apa aja, tuh, mudah banget.

Mau nggak mau, teknologi ini juga udah bikin perilaku seseorang dalam perjalanan kesehatannya mulai berubah dan kian terpapar dengan info kesehatan. Tinggal ketik di Mbah Google, sekali klik, ratusan informasi juga bisa langsung didapetin.

PR besarnya, ya, kita aja yang harus pinter nyaring. Mana berita, artikel, atau data apa aja yang akurat. Jangan sampai juga percaya sama hoaks yang jelas-jelas bahaya banget. Hoaks bikin penyakit jadi jadi makin runyam.

Sayangnya, nih, lewat survei yang sempet dilakukan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) tahun 2017, di Indonesia itu sering banget 'kemakan' berita hoax. Belum dicek kebenarannya, udah main disebar. Dan ternyata hoaks kesehatan di negara ini menempati urutan pertama yang paling banyak disebarkan.

Ngeri banget!

Padahal kalau dipikir-pikir, nggak susah kok, kalau kita mau cek kebenaran berita kesehatan. Bisa manfaatin aplikasi kesehatan yang sekarang ini udah mulai menjamur.

Salah satunya, SehatQ. Saya sendiri sebenernya udah cukup lama tahu soal aplikasi ini.

Jadi, platform SehatQ ini merupakan startup penyedia layanan kesehatan digital yang lahir November 2018 di bawah naungan Sinar Mas. Ya pada udah tahu dong, ya, sama Sinar Mas?

Nah, visi SehatQ ini mau menyediakan layanan end-to-end yang menjawab semua kebutuhan kesehatan. Semua artkel yang dipublish di SehatQ ini juga udah ditinjau sama tim dokter SehatQ, Jadi udah bisa dipastikan kalau informasinya akurat.

Takjubnya lagi, pas saya cari informasi terkait maag sebabkan muntah darah, artikel yang nongol itu langsung dari SehatQ.

Fitur Tanya Jawab SehatQ

Asiknya, nih, tim dokter juga sudah kerjasama dengan SehatQ juga bisa bantu kita untuk kasih ‘pencerahan’ lewat fitur tanya jawab dokter. Makanya, pas momen genting, was-was, bin khawatir soal kondisi kesehatan anggota keluarga, nggak perlu pikir panjang. Langsung keinget sama Aplikasi Kesehatan SehatQ.

Karena cukup penasaran dengan peristiwa yang baru dialami sama teteh, saya pun langsung gunain fitur tanya ke dokter. Dan, wow.... nggak sampai 5 menit, langsung ada dokter yang ngerespon. Namanya dr. Vina Liliana.

Jadilah saya pun langsung tanya-tanya terkait apa yang udah dialamin sama teteh.

Dari jawaban dokternya, saya sih sangat puas, ya. Jelas dan lugas. Bahkan dokternya juga sempat tanya, obat apa aja yang sudah diresepin sama dokternya, termasuk hasil lab-nya.

Berikut screen shoot obrolan sana dengan dr. Vina. Semoga kebaca, yha..... Kalau nggak, silakan langsung diklik biar jelas 😊





Jadi ngebayangin, kalau anak sendiri yang sakit, pasti merasa sangat terbantu kalau dokternya fast respon kaya begini. Bukan apa-apa, kadang kan di situasi tertentu, dokter anak bisa aja sulit dihubungi.

Lagipula, saya juga cukup paham kalau chatting sama dokter juga ada aturannya. Chatting dengan dokter, bukan berarti dokter langsung tau penyakitnya apa.

Biar gimana, dokter juga punya kode etik. Ngambil keputusan perlu dilakukan lewat pemeriksaan, dan penilaian yang teliti. dokter kan bukan cenayang yang bisa periksa pasien dari jarak jauh.

Artinya, fitur ini memang bukan berarti jadi pengganti dokter.

Jadi, tujuan manfaatin fitur Chat Dokter di Aplikasi SehatQ, semata-mata mau tau informasi yang akurat aja. Ibaratnya, kaya temen deket gitu…. Mau curhat sama yang kita percaya. Jadi bantu bikin hati jadi lega.

Cuma itu aja yang bisa didapetin dari platform SehatQ?


Ooooo, tentu saja nggak... Kalau kita memang butuh, bisa dengan mudah terhubung dengan fasilitas kesehatan, dengan fitur booking langsung sesuaikan dengan jadwal dokter yang dibutuhkan. Tinggal pilih, deh tuh. Ada ribuan dokter yang sudah kerjasama, termasuk ribuan fasilitas kesehatan di Indonesia.

Makanya, setelah memanfaatkan fitur chatting dengan dokter akan disarankan untuk melakukan konsultasi secara langsung. Caranya ya, tinggal gunain fitur Booking Dokter. Dari sana bisa bikin jadwal pertemuan secara langsung dengan dokter. Tinggal cari fitur dokter dan cari saja nama dokter yang sesuai. Kalau sudah, ya, tinggal klik.



Kurang apa, coba? Sok, atuh, langsung aja download aplikasi kesehatan SehatQ, bisa di Google Play Store atau Apple Store


Tidak ada komentar:

Posting Komentar