Pesan untuk anakku Bumi: "Bercanda boleh, asalkan.... " - Adisty Titania

Kamis, 05 Desember 2019

Pesan untuk anakku Bumi: "Bercanda boleh, asalkan.... "

Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 22 November, pas lagi asik-asik kerja,  eh ada WhatsApp yang masuk. Isinya cukup bikin kaget.

Pesen yang masuk dari wali kelasnya Bumi, bilang kalau hari itu Bumi udah bercanda berlebihan.

Isinya begini....

Assalamualaikum mom mau info tentang Bumi di sekolah. Hari ini saya berikan hukuman untuk Bumi tidak boleh bermain selama seminggu ke depan. Karena sudah beberapa kali saya tegur Bumi untuk tidak bercanda berlebihan. 
Bumi bermain dorong2an dan tidak melihat ada temannya sedang duduk di karpet. Sehingga meniban temannya dan jodat temannya benjol. Kami kirimkan buku kasus utk ditandatangani, dan senin dibawa kembali. 
Mohon kerjasamanya ya mom untuk menasehati Bumi agar bermain dan bercanda tidak berlebihan. Kami di sekolahpun sudah memberikan pengertian kepada Bumi. Terimakasih mom 🙏🏻

Selain kaget, pas baca wa ini langsung kepikiran juga gimana kondisi temennya Bumi. Mengingat Bumi badannya gede kan, ya... kalau ketiban badan yang beratnya di atas 30 kg, mayan banget rasanya....


Selain itu, langsung kepikiran juga, setelah kejadian, apa Bumi langsung minta maaf ke temennya? Sadar kalau dia memang salah? Kalau salah, ya, artinya memang harus minta maaf duluan.

Alhamdulillah saat ditanya ke Ms-nya, Bumi langsung minta maaf.

PR lain, ya, harus ngobrolin ke Bumi pas udah di rumah.

Akhirnya begitu sampai rumah, mulai deh, mancing sedikit. Pengen tau aja, cerita versi Bumi gimana.

Bumi langsung cerita, kalau di sekolah tadi dia main sama temennya. Cuma karena main dan bercandanya berlebihan, dia dudukin temennya sampe benjol.

Tadi aku tuh, lagi main, bu, sama temen aku. Aku jatoh karena kedorong, nggak sengaja aku dudukin temen aku. Aku nggak liat, dia juga lagi nungging. Akhirnya jidatnya kepentok ubin sampe benjol.

Terus, temen kamu gimana? 
Dia  sampai nangis bu.. 
Wah, kalau gitu kenceng banget, ya. Terus Mas Bumi udah minta maaf belom? 
Udah, kok 
Bagus. Langsung minta maaf, atau baru bilang setelah Ms ingetin? 
Aku langsung bilang, kok. 
Iya, bagus kalau gitu. Temen kamu kan juga pasti sakit, kalau mas Bumi yang kejedot ubin juga gimana rasanya? 
Ya sakit. 
Kalau gitu, lain kali saat main harus seperti apa, Mas? 
Ya, tergantung mainnya kaya apa... Main apa dulu 
Bukan, maksud ibu, setelah kejadian ini kira-kira supaya nggak keulang lagi kaya gitu, Mas Bumi harus gimana? 
Ooooh.... Ya, harus hati-hati. Jangan bercanda berlebihan.Terus Ms kasih hukuman apa ke Bumi? 
Aku seminggu nggak boleh main. Aku kan dapat case book.

HUFFTTT...

Ada-ada, deh,  deh ya. Kalau denger cerita temen lain, pengalaman kaya gini emang pasti ada aja, sih. Ini baru kelas 4 SD. Gimana kalau udah gedean?

Lagian, siapa juga, sih, yang mau kejadian atau kecelakaan kaya gini terjadi?

Bukan cari pembenaran kalau bercanda berlebihan itu boleh. Justru, dari sini paling nggak Bumi bisa belajar, kalau main sama temen, bercanda juga ada aturannya. Bercanda berlebihan emang bisa nimbulin risiko.


Akhirnya, jadi ingetin Bumi lagi soal aturan bermain. Selain memang jangan bercanda berlebihan yang bisa bikin orang celaka. Seperti yang baru aja Bumi alamin, atau malah yang lebih bahaya lagi semacam bercanda narik bangku.

Familar, dong, dengan kasus kaya gini? Dari dulu tuh, udah ingetin Bumi kalau memang lagi bercanda, nggak usah pakai narik bangku segala. Teman celaka dan kesakitan, bukan sesuatu yang seharusnya diketawain.

Menghina, ngeluarin kata-kata yang nggak baik juga termasuk bercanda berlebihan. Jadi pesennya ke Bumi, "Kalau bercanda, jangan pakai kata-kata yang nggak sopan... Termasuk kata-kata yang menghina dan bikin temen kamu jadi sedih"

Aturan lainnya, kalau sedang main... Bercanda sama temen, bukan berarti boleh bohong. Iya bercanda ga perlu bohong segala...misalnya, "Oura-pura yuk, bilang ke bapak kalau tugas kamu belom selesai. Bercanda aja...."

Tanpa sadar, bercanda memang suka diselingi sama bohong bohong kecil. Tapi.....

Itu juga dosa, sayang.....

Ya, nggak ada salahnya, sih, kalau ingetin ke anak, bercanda itu kan tujuannya memang buat seneng-seneng. Supaya bisa ketawa sama-sama. Nah, kalau sampai orang lain celaka, sedih, atau malah kesel karena ngerasa dibohongin, ya, buat apaaaa???

Becanda berlebihan yang ada nanti ujung2nya malah bikin berantem. Kan repot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar