Pertemanan Dewasa - Adisty Titania

Minggu, 29 Desember 2019

Pertemanan Dewasa

"If you are not loosing friends, you're not growing up"



"Dis ...elo enak banget, sih, masih sering kumpul sama temen-temen gitu. Kalau liat, gue jadi ngerasa kaya anti sosial."

Beberapa waktu lalu ada temen yang ngomong kaya gini. Dengernya cuma bisa mesem-mesem.

Ya, gimana?

Kenyataannya, hari gini buat ngumpul sama temen-temen deket di waktu bersamaan emang peristiwa langka, kok.

Bahkan, ada kalanya gue pun suka iri pas kalau liat timeline, feed atau IGstory temen-temen yang sering ngumpul sama temen-temennya. Apalagi sampai punya waktu buat nginep dan liburan bareng.

Sementara akuh, mau makan bakso atau mie  aja ayam bareng aja susah bangaaaaat yawlooooh.... *Kraaaay*


Paham, sih, dalam ngejalanin hidup emang nggak boleh bandingin kehidupan kita sama orang lain. Selain bikin capek hati, ya, macem nggak bersyukur aja sama apa yang udah didapetin sekarang. *Nulis sambil ngaca*

Cuma sebagai seorang extrovert, yang merasa dapet energi kalau ketemu sama orang-orang terdekat, berasanya tuh sering kangen aja ngumpul sama temen-temen. Nggak mesti seminggu sekali, atau sebulan sekali, tiga bulan sekali aja udah seneng banget.

Tapi ya, gimana, mengingat sekarang bukan anak ABG yang kayanya bisa bebas wara wiri, ku juga cukup paham kalau udah jadi istri, ibu-ibu, anak dari orang tua, plus mantu, kayanya tuh emang kudu pinter-pinter bikin jadwal di akhir pekan. Belum lagi sama urusan domestik atau mood yang mager. Bawaannya mau selonjoran aja di rumah.

Plus mikirin soal bajet tentunya. Ya, biar gimana ngumpul-ngumpul itu kan juga perlu cuan. Buat bensin, buat bayar grabcar, plus buat jajan. Apalagi kalau buat liburan!

Sekarang, mah, urusan buat ngumpul, ketemu sama temen-temen udah pasti jadi nomer buntut. Nggak jadi prioritas. Bener, tho?

Banyak yang bilang, makin banyak angka usia yang sudah kita punya, ternyata juga akan pengaruh dengan jumlah temen yang makin berkurang. Inner circle-nya jadi cuma itu-itu aja.

Makin tua, sekarang memang milih temen (deket) jadi lebih selektif. Eh, bukan selektif.... Mungkin justru lebih ke seleksi alam. Kalau ternyata udah nggak ngeklik, ya, sudah. Temen yang bakal stay, ya, mungkin akan itu-itu aja.


Atau, mungkin memang sengaja mundur perlahan dari lingkar pertemanan yang dirasa udah ngerasa nggak cocok? Ya, nggak ada salahnya juga, sih.

Bahkan kalau mungkin kita yang ditinggalin temen-temen karena memang alasan di atas. Ya siapa tau kan? Kalau emang begitu, ya, sudah... nggak apa-apa juga.


Apalagi kalau alasanya demi kewarasan jiwa dan raga.

Eh, jadi inget omongan @nenglita, dalam sebuah hubungan, termasuk untuk pertemanan kan memang harus dijalanin sama-sama. Kalau yang satu udah nggak mau, ya, buat apa dipaksain.

Intinya, sih, pertemanan sekarang lebih bisa jadi lebih kompleks. Karena tiap orang udah punya prioritas yang beda-beda (banget), punya kepentingan sendiri, termasuk idealisme dan sudut pandang arti pertemanan itu sendiri kali, ya?

Kalau dulu bisa sering ketemuan, ha ha hi hi bareng, chatting tiap hari, sekarang intensitasnya jauh lebih berkurang.

Kenyataannya, kondisi pertemanan  dewasa kaya gini memang bisa dirasain siapa pun juga, sih. Bahkan di belahan dunia mana pun, kok.

Eh, apa salah? Gue doang yang ngerasain?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar