Biar Anak Nggak Gampang Sakit Flu, 7 Fakta Ini yang Harus Orangtua Tahu - Adisty Titania

Jumat, 22 November 2019

Biar Anak Nggak Gampang Sakit Flu, 7 Fakta Ini yang Harus Orangtua Tahu

Ampun, deh! Nih, anak kenapa bolak balik flu melulu, ya? Mana kadang flunya lama banget lagi.... sampe harus izin nggak masuk sekolah. Apa selama ini makanannya nggak bener, ya? Sering banget makan es? Karena faktor cuaca? Atau karena memang belum dapet vaksin influenza?
Heeeellllp.... aku tuh pusing!

Ada yang senasib dan sependeritaan sama aku nggak, sih? Iya, Bumi, tuh, anaknya gampang banget kena flu. Padahal kan, kalau udah kena flu, semua aktivitas jadi keganggu. Boro-boro bisa main di luar rumah, main sepeda, ikutan les renang, atau ke mall, lah wong sekolah aja nggak bisa.

Huhuhu....



Jadi inget, deh, beberapa waktu lalu, Bumi sempet batuk pilek, dan berujung sesek napas. Bengek! Pas ke dokter, dokter curiga kalau Bumi kena pneumonia.

Untuk mastiin apa memang kena pneumonia, jadi harus harus diobservasi. Wajib nginep di rumah sakit, cek darah ini itu. Alhamdulillahnya, hasilnya negatif.

Ngomongin soal pilek, influenzea, beberapa waktu lalu dapet kesempatan untuk ikutan blogger gathering bareng theAsianparent Indonesia. Temanya, "Happy Kids. No Flu Worries". Nara sumbernya ada dr. Attila Dewanti, Sp.A (K), dan Namira Monda yang berbagi pengalaman jagain anaknya supaya nggak gampang sakit influeza.

Biar gimana, kalau anak sakit flu itu kan bisa menghambat aktivitasnya, ya. Mau main dan eksplorasi juga nggak bisa. Padahal, dunia anak-anak itu kan dunia bermain. Perlu banyak terpapar dengan dunia luar. Tapi, di lain sisi. kalau anak sedang main di play ground, di taman, atau sedang ke mall, ya, berisiko juga terpapar kuman dan virus penyakit.

Jadi serba salah, ya?

Padahal kekhawatiran ibu-ibu macam ini, anak gampang kena influenza, bisa diatasi dengan kasih vaksin influenza. Vaksin ini sebenernya juga udah bisa dikasih sejak anak usia 6 bulan.

Apa iya, vaksin influenza sepenting itu?




Iyes! Ternyata, vaksin influenza memang penting. Paling nggak, di acara itu, dr. Atilla udah bikin mata makin terbuka. Banyak fakta menarik yang perlu dipahami ibu-ibu soal penyakit influenza, termasuk soal vaksin influenza.

Fakta pertama, oragtua itu memang harus tahu, kalau common cold dengan influenza jelas beda.

Sampai saat ini, kenyataannya memang banyak yang suka salah paham, masih belum bisa bedain antara pilek biasa atau influenza.

dr. Atilla ngejelasin kalau flu itu singkatan influenza, sementara kalau pilek pilek biasa itu yang dikenal juga dengan common cold.
"Flu itu penyakit pernapasan yang menular, yang disebabkan sama virus influenza, virus inilah yang menginfeksi mulai dari hidung, tenggorokan. Kalau sudah kena, hati-hati kalau nggak diobati, bisa sampai masuk ke paru-paru hingga menyebabkan pneumonia."
Nah, serem banget kan!

Fakta ke-2, dr. Attila juga jelasin kalau bedanya flu dengan pilek biasa juga bisa diketahui dari beberapa gejalanya. Kalau influenza nggak cuma hidung mampet atau bikin hidung sampai meler. Tapi pakai demam bahkan bisa sampai menggigil, muntah-muntah, dan kehilangan nafsu makan.

"Biasanya kalau pilek biasa, anak-anak masih bisa main dan ceria. Gejalanya memang lebih parah yang influenza. Kalau pilek biasanya masih bisa beraktivitas, tapi kalau influenza biasanya cenderung bikin anak cepet lemes karena memang sakit kepala."

Makanya, para ibu itu perlu tau apa aja perbedaannya. Paham mana yang cuma pilek biasa alias common cold, mana yang influenza.

Faktanya ke-3, kalau pada orang dewasa, influenza ini bisa nyerang minimal 2 kali kali dalam setahun. Sedangkan anak-anak, dalam setahun bisa kena sampai 4 kali. Haduuuh....



Gimana, sih, penularannya?

Nah, fakta ke-4 yang nggak kalah penting yang dijelasin dr. Atilla terkait bagaimana soal penularan. Sebenernya bisa dari beragam macam, nih. Kemarin, dr. Atilla kasih contoh, misalnya anak-anak lagi influenza, terus dia bersin dan nutupin pakai tisu, tapi itu tisu nggak dibuang. Ya, sudah... virusnya bakal nyebar dan berisiko nular ke orang lain!

Makanya, penting bagi orangtua untuk ingetin anaknya, kalau lagi flu, bersin pakai tisu, ya, itu tisu wajib dibuang. Lalu jangan lupa deh, cuci tangan. Kalau nggak, ya, virus bisa ke mana-mana!

Fakta ke-5, dr. Atilla bilang kalau virus influenza itu bisa bertahan sampai 48 jam!

Kebayang nggak, sih, kalau ada anak yang lagi influenza terus dia bersin? Itu virus nempel ke mana-mana, lho. Ke kursi atau meja, nah terus orang lain nyentuh meja itu. Ya, udah, yang ada itu virus langsung nyamber! Sakit, deh.

Padahal, usia anak-anak itu memang berisiko banget untuk ketularan. Anak-anak itu kan sedang masa eksplorasi. Seneng pegang ini itu. Bahkan katanya dr. Atilla, dalam waktu 30 menit aja, anak-anak itu bisa 300 kali pegang ini itu.

Jadi, ya, nggak aneh lagi kalau anak-anak memang segampang itu ketularan virus flu.

Pertanyaan selanjutnya, gimana cara ngobatinnya?

Fakta ke-6 yang perlu dipahami soal influenza, yang jelas kalau anak sedang flu, nggak perlu langsung ke warung atau ke apotek nyari antibiotik. Karena pada dasarnya semua penyakit yang subernya virus memang nggak perlu antibiotik.

Pengobatannya itu cuma banyak minum, perbanyak istirahat, sama perhatiin asupan makannya. Vitamin C dari buah-buahan juga bagus banget!

Saat anak flu, ada beberapa hal yang perlu diperhatiin, nih!


  • Pertama, pastiin anak pakai masker atau gunain tisu saat bersin
  • Kedua, ya buang masker atau tisu yang sudah dipakai, jangan sampai ditaro di tas atau di sembarangan tempat
  • Ketiga, langsung cuci tangan pakai sabun
  • Keempat, ya, nggak perlu salam-salaman dulu atau cipika cipiki
  • Kelima, ya kalau bisa bersihin barang atau area yang sepertinya terpapar virus.


Repot? Iya, sih. Tapi memang harus gitu. Kasihan juga anak orang lain bisa kena virus influenza kalau kita nggak ngelakuin langkah-langkah itu.

Biar gimana, sebagai orangtua, saya sendiri juga pasti bakal sebel kalau anak ketularan penyakit dari orang lain. Lah masa, tega saat anak sakit terus ngebiarin penyakitnya nular ke mana-mana?

Fakta ke-7, ya balik lagi soal vaksin influenza. Kenyataannya, ini memang jadi cara yang lebih efektif mencegah virus ini nempel ke tubuh anak. Toh, vaksin ini sebenernya cukup setahun sekali aja.

Kenapa vaksinnya perlu diulang satu tahun sekali? Alasannya, ya, karena vaksin yang dimasukin itu setiap tahun memang akan berubah. Bukan apa-apa, virus itu kan juga pinter. Bisa tahu gimana nularin penyakit. Jadi memang vaksin influenza perlu diulang secara berkala.



Vaksin ini memang membantu mencegah anak kena flu. Ya, kalau memang kena, flu jadi jauh lebih ringan.

"Saat flu, harus diingat kalau bisa terjadi komplikasi. Nah, dengan vaksin ini, komplikasi seperti terjadinya pneumonia bisa dicegah. Karena saat flu, nggak parah. 
Kalau anak sedang batuk pilek, terus napasnya jadi cepet, hidungnya seperti kembang kempis seperti ikan, dan lebih dari 50 kali permenit pernapasannya, ini harus segera ke dokter. Berarti anak sesak. Ini jadi tanda pneumonia, dibarengi dengan panas tinggi."

Jadi kesentil banget, sih, kalau kita memang nggak bisa ngegampangin kalau anak lagi flu. Soalnya, risikonya yang besar banget!  Vaksin flu ini juga sudah bisa dikasih ke anak sejak usia 6 bulan. Jadi, memang nggak ada alasan buat nunda kasih anak vaksin flu.

Brrrrpppp.... mari segera buat jadwal ke dokter anak, dan pastiin Bumi dapet vaksin influenza.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar