Ajak Anak Nonton Film Gundala, Yay or Nay? - Adisty Titania

Minggu, 01 September 2019

Ajak Anak Nonton Film Gundala, Yay or Nay?


"Aku sedih liat Sancaka, bu... bapaknya udah meninggal, eh, ibunya juga pergi. Dia jadi sendirian. Mau makan aja susah...."

Respon ini keluar dari mulut Bumi waktu kelar nonton Film Gundala.



Iya, awal film... ceritanya emang udah sedih banget. Bahkan buat #teammewek kaya gue ini langsung kray!

Bumi? Si anak bawel yang sensitif ini juga spontan bilang, "Aku sedih banget liat Sancaka...."

Salah satu temen, Angguni, juga ungkapin hal senada,

"Pas Sancaka kecil itu depressing banget, nontonnya aku sampai nahan napas sambil komat kamit doa, Ya Tuhan... Udahan dong kasih cobaan buat anak ini."

Ya, gimana nggak... Buat Sancaka kecil, dapat cobaannya bertubi-tubi banget. Sampai dia harus bertahan hidup di jalanan, dunia yang keras banget.

Sebenernya film Gundala ini ratingnya buat anak 13 tahun. Artinya, yang memang idealnya ini ditonton buat anak remaja. Bukan buat anak-anak.

Terus kenapa ngajak anak 9 tahun?


Awalnya memang sempet ragu buat ajak Bumi. Takut filmnya 'menyeramkan'. Banyak adegan sadis dan berdarah-darah macam Deadpool.

Tapi pas baca-baca berita, Joko Anwar sendiri bilang kalau adegan fighting film ini sengaja dibikin friendly, nggak ada darah. Jadi kalau anak-anak 13 tahun mau nonton bisa didampingi orangtua.

Tanya ke temen yang udah nonton duluan, katanya juga begitu. Buat anak usia 9 tahun kaya Bumi, masih bisa nonton. Ya, udah cuss... Jadilah kemarin nonton.

Jadi nggak sadis? Ya, nggak juga.


Bumi juga ngakuin kalau filmnya cukup sadis. Ada beberapa scene yang memperlihatkan adegan kekerasan yang dilakuin sama anak-anak.

Iya, anak-anak.

Ceritanya, tokoh antagonisnya, Pengkor, dibesarin di panti asuhan yang pengurusnya pada "gila". Untuk bertahan hidup... dia sampe harus ngajak temen-temennya untuk balas dendam. Nah, di sini deh yang rada serem.

Tapi adegannya nggak macam Film The Raid, kok. Nggak masuk kategori film gore yang visualnya banyak adegan berdarah-darah, menampilkan penyiksaan yang kejam dan memilukan.

Jadi kalau buat anak kecil, macam anak usia 5 atau 6 tahun, ya kurang cocok.

Ya, kalau katanya psikolog, film itu salah satu media yang mudah memengaruhi anak-anak. Apa yang dia liat, gampang banget nempel di otaknya.

Apalagi, usia anak-anak juga belum bisa membatasi mana yang sekadar khayalan dan kenyataan. Jadi memang mereka belum paham kalau film cuma sebatas karya fiksi. Alhasil mereka juga bisa terpapar efek negatif dari adegan kekerasan, sensual, termasuk kata-kata makian kasar yang ditampilkan dalam film.

Kalaupun kemarin gue berani ajak Bumi, ya, pertimbangannya karena gue percaya anak ini cukup kritis. Terbukti, hampir sepanjang film anak ini banyak banget tanya ini itu...

Keputusan ngajak anak buat nonton, sebenernya nggak terlepas balik lagi ke orangtuanya. value-nya kaya gimana.

Tapi di balik itu semua.... Di luar persoalan layak apa nggaknya Film Gundala ditonton anak, sebagai penikmat film Indonesia, gue salut banget sama film ini. Akhirnya, Indonesia punya super hero juga! Soal plot cerita, menurut gue juga cukup kuat, kok. Apalagi pemilihan pemainnya.

Abimana.... Ya, Tuhaaannn.....! Badannya cakep bangaaaaat!



3 komentar:

  1. wah ini cerita yang lain, dari kemarin banayk bersliweran ahl negatif dr film ini, jd penasaran mau lihat

    BalasHapus
  2. Abimana memang kharismatik ya
    Aku baru saja baca artikel dari cnnindonesia[dot]com,u ternyata ada "teror" dari Joko Anwar ke doi agar mau bermain sebagai Gundala.

    Bahahaha, ada-ada saja yah istilah jurnalis, "teror"

    BalasHapus
  3. td malam aku nontonin dulu gundala putra petir yg thn 1981 mba :D.ntr baru nonton film yg baru nya ini. pgn tau dulu gmn gundala yg pertama , trus bandingin ama yg skr :D. ini aja aku blm selesai nonton, keburu ngantuk bgt..tp liat sebentar , rada nyengir liat pemain2 yg lama :D

    penasaran sih nonton gundala versi barunya. tp aku memang g akan bawa anak nonton ini. selain msh dibawah umir semua, yg gede juga cewe. sukanya masih film princess drpd jagoan :D

    BalasHapus