Saat Anak Nyaris Ambeien - Adisty Titania

Minggu, 10 Maret 2019

Saat Anak Nyaris Ambeien

"Dis... Bumi susah buang air tuh. Tadi sore di kamar mandi lama banget. Ternyata pupnya keras. Sampe nangis malah anaknya...."

Deg....

Kaget bukan main, waktu baca pesan dari Doni di WhatsApp beberapa bulan lalu.

Bukan apa-apa, kalau anak susah pup kaya gitu, bawaannya udah parno! Takut anak ambeien.

Aselik, deh! Khawatir banget.



Baca artikel kesehatan di Hallo Sehat, ambeien itu ternyata nggak cuma bisa dialamin sama orang dewasa. Anak-anak juga punya risiko yang sama.

Kalau liat anak yang nangis saat mau pup, bisa jadi tanda kalau dia ngalamin ambeien.

Duuuuh... *ibuk makin parno*

Intinya, sih, sama seperti ambeien pada orang dewasa, ambein pada anak juga dikarenakan adanya tekanan besar pada pembuluh darah sekitar vena.

Setiap kali makanan masuk, usus akan bergerak untuk mencerna dan mengambil nutrisinya sebelum disalurkan ke seluruh tubuh.

Pada anak kecil, gerakan usus ini akan membentuk jaringan di sekitar anus yang terisi darah. Faktanya, nih, hampir 75% orang pernah mengalami kondisi ini, termasuk anak-anak. Biar gimana kan ambeien itu timbul kalau sering ngalamin sembelit.

Nah, sembelit karena apa coba? Ya, karena kurang asupan makanan berserat.

Padahal, serat anak penting penting banget. Wajib terpenuhi!


Mengingat Bumi itu emang rada irit makan sayur, makin parno aja, deh!

Sementara Badan Kesehatan Dunia (WHO) secara umum udah kasih anjuran, kalau mau sehat,  setiap hari perlu konsumsi sayuran dan buah-buahan sejumlah 400 gram per orang.

250 gram sayur (setara dengan 2 porsi atau 2 gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan) dan 150 gram buah, (setara dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang atau 1 potong pepaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang).

Nah, kalau pencernaan anak mau sehat, untuk anak usia balita dan anak usia sekolah dianjurkan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan 300-400 gram per hari dan bagi remaja dan orang dewasa sebanyak 400-600 gram.

Kalau diinget-inget, kayanya semua udah coba dipraktikan dalam rangka anak doyan makan sayur. Untuk memastikan kebutuhan serat anak terpenuhi.

Pertama, jadi contoh lebih dulu.

Gimana anak mau seneng makan sayur kalau di rumah nggak pernah liat orangtuanya makan sayur?

Iya, salah satu cara bikin anak seneng makan sayur kan harus terpapar dulu. Anak perlu lihat sayur dan buah-buahan selalu disediakan setiap hari.

Lah ini anaknya? Bumi?

Bumi tuh emang rada milih kalau mau makan sayur. Beda banget sama bapaknya, tiap hari maunya makan sayur sama tempe. Disediain sayur bayem bening aja udah lahap.

Sayangnya, urusan makan sayur, Bumi tetep aja pemilih banget. Masih mau, tapi milih banget. Paling nggak, sekarang akhirnya selalu tanya ke anaknya mau dibuatin sayur apa?

Kasih, deh, beberapa pilihan menu sayur. Jadi orangtua memang harus kreatif, sih. Cari beragam menu sayur yang bisa bikin selera makan anak dateng.

Biar gimana, urusan makan itu kan memang harus bisa dinikmatin.... jadi proses yang menyenangkan buat anak.

Sekesel apapun kalau lihat Bumi makan sayurnya secuil, ya, tahan emosi. Berusaha nggak nyerocos panjang.

Tapi, kalau udah sembelit sampai sakit kaya gitu... mau nggak mau ya, harus diingetin lagi, sih.

Mengingat anaknya juga udah gede, jadi perlu diajakin diskusi. Dikasih tahu risikonya apa aja, termasuk soal risiko ambein.

Bukan mau nakut-nakutin, tapi karena dapet laporan kaya gitu dari suami, ya artinya anaknya emang perlu dikasih tahu.

Alhasil, pas ketemu Bumi langsung aja deh, diajak ngobrol.

"Mas Bumi... tadi sakit perut ya?" 
"Iya, Bu.... tadi aku susah pupnya. Keras banget!" 
"Umh.... terus gimana? Berhasil nggak pup-nya?" 
"Iya, bisa kok, Bu...." 
"Terakhir kamu kapan sih pup-nya? Sebelum hari ini, kapan pup?" 
"Umh... kapan, ya, Bu... aku lupa...." 
"Mas Bumi inget nggak, waktu operasi usus buntu, dokter bilang apa?" 
"Harus makan makanan yang sehat... banyak makan sayur, buah dan air putih. Sama nggak boleh nahan pup juga..." 
"Nah, iya...itu! Mau nggak sakit kaya gitu lagi? Nggak enakkan sakit usus buntu?" 
"Iyalah, ga mau lagi, nggak enak!" 
"Nah, makanya makan sayur dan buahnya lebih banyak! Kasian tuh usus kamu. Kaya tadi... susah pup juga kan...."

Alhamdulillah, lambat laun anaknya juga inget. Kalau makan sayur dan buah itu wajib supaya bikin pencernaan sehat. Bikin usus kerjanya lebih baik.

Lagian, kalau bahas soal pencernaan tubuh emang nggak bisa main-main, sih. Kebayang nggak, kalau seminggu semebelit? Nggak 'nyetor'? Perut nggak enaknya kaya apaan, tuh.

Terlebih lagi kalau pencernaan anak yang nggak beres. Soalnya sistem pencernaan juga pengaruh banget sama pertumbuhan otak anak.

Kalau nutrisi mau diserap secara maksimal, ya, pastiin dulu saluran pencernaan anak sehat.


Jadi bahayanya ke mana-mana, sih. Anak sering sembelit karena pencernaan nggak sehat bukan sekadar berisiko bikin anak ambeien. Tapi perkembangan kognitifnya nggak maksimal.

Makanya... jangan pernah sepelein, deh, masalah pencernaan anak. Dibilang ibu parno atau ibu yang terlalu gampang khawatir juga nggak apa-apa, kok.

Lah wong, yang dikhawatirin kesehatan anaknya sendiri, kok.

Selain kontrol asupan serat dan air putih tercukupi, kuncian lain yang jadi andalan itu selalu stok yogurt di rumah. Yogurt ini kan memang salah satu makanan yang direkomendasikan untuk jaga pencernaan sehat.

Selain yang plain, di rumah juga selalu stok yogurt anak, Heavenly Blush Yo! Yogurt For Kids.


Yogurt ini emang ditujukan buat anak-anak, sih. Mengandung serat sayur buah-buahan. Pilihan rasanya juga cukup banyak. Tinggal pilih aja sesuai selera anak. Kalau Bumi memang seneng sama yang rasa leci dan bayam.

Karena perpaduan sayur dan buah-buahan gini, rasanya jadi enak. Apalagi kalau diminumnya dingin-dingin. Mak nyusss banget!

Lah, ibuknya aja sering minum, hahaha.

Paling nggak kalau porsi makan sayur dan buahnya dirasa kurang, bisa langsung sodorin Heavenly Blush Yo! ini ke Bumi.


Nggak cuma jadi stok camilan di rumah untuk nambah nutrisi sehari-hari, Bumi juga seneng bawa Yo! Yogurt for kids buat bekel ke sekolah.

Lagian, yogurt ini tuh kandungannnya lengkap, mulai bakteri dari bakteri baik, plus udah ada campuran serat sayur dan buah. Nggak mengandung bahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan, jadi aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Harapannya kalau udah udah rutin makan sayur, buah, plus kasih camilan sehat macam Heavenly Blush Yo! percernaan anak bisa lebih sehat. Nutrisi serat sayur buah juga bisa terpenuhi.

Tapi memang terbukti, sih, setelah rutin minum yogurt anak, Yo! Yogurt for kids Bumi udah jarang banget sembelit.... dan... jadi keparnoan anak kena ambein juga bisa diminimalisir!

Jadi gimana, kebutuhan serat anak sudah terpenuhi belum, nih?



Tidak ada komentar:

Posting Komentar