"Ibuuuu... aku dibully", Curhatan Si Anak SD - Adisty Titania

Sabtu, 17 November 2018

"Ibuuuu... aku dibully", Curhatan Si Anak SD

Hatiku terpotek....

Sedih banget waktu denger Bumi ngomong,

"Bu... aku kan di sekolah suka dibully".

*Deeeeggg... hati ibu tiba-tiba mencelos

Tapi, dengan ekspresi (sok) datar, akhirnya cuma kasih respon,

"Dibully? Maksudnya di-bully-nya kaya gimana, Mas?"

"Iya, kalau di sekolah, aku kan suka mau main bola sama temen-temen aku, tapi malah nggak boleh. Tadi juga gitu, bu... si A, B, dan C, lagi main bola. Pas aku mau ikutan, kata A nggak boleh. Soalnya aku nggak jago. Padahal C itu mainnya nggak jago juga lho, bu..."



"Oooh.... terus, Mas Bumi gimana setelah A bilang begitu?"

"Ya sudah aku diem. Aku akhirnya pergi aja...."

Duuuh... baru denger kaya gini aja, udah sedih, ya? Gimana kalau kasus bully-nya lebih parah?

Ya biar gimana, emang ga bisa nutup matalah, kondisi macam gini emang pasti bisa dirasain anak-anak yang udah masuk usia sekolah.

Kalau nggak berisiko dibully, ya, ngebully.

Kemarin akhirnya cuma bisa gini ke Mas Bumi...

"Iya, pasti kalau denger temen ngomong kaya gitu, nggak enak ya, Mas? Jadi sedih. Mas Bumi juga sedih digituin temen?"

*ngangguk*

"Ya, menurut ibu, nggak ada salahnya kamu usaha lagi, bilang kalau mau ikutan main bola. Karena Mas Bumi mau main sama-sama atau ya memang mau belajar main bola. Tapi kalau kamu mau langsung pergi karena sedih digituin sama temen, ya, nggak apa-apa juga kok.

Nah, kebetulan kemarin tuh ketemu sama Mbak Ayank Irma, memang mau wawancara buat kebutuhan konten yutup theAsianparent. Disela-sela wawancara, sempet tanya masalah ini ke Mbak Irma.

Alhamdulillah, ternyata respon yang kemarin gue kasih emang nggak salah.

Soalnya, kata Mbak Irma, ketika denger anak dibully, respon yang perlu diberikan itu memang harus merefleksikan apa yang sekiranya dirasain sama anak.

"Iya tahu, Mas nggak suka ya denger ya... denger temen ngomong kaya gitu pasti bikin sedih, ya?"

Karena dengan kaya gini, anak jadi tahu kalau ibunya berempati dengan situasi dan apa yang sedang dia rasakan.

Jangan sampai, orangtua malah kasih respon yang meremehkan dan nyudutin anak, misalnya bilang, “Kok kamu digituin aja sedih sih”, “Ga usah cengeng deh”.

Yah, kalau anak denger kaya gini, yang ada dia malah kesel. Males cerita lagi. Meskipun terlihat sepele dan sederhana, sesungguhnya, bullying ini membawa dampak buruk pada perkembangan anak selanjutnya.

Kemudian kata Mbak Irma, anak memang sebaiknya ditanya atau diberi pilihan, selanjutnya mau kaya gimana?

"Ya, kalau memang mau pergi, ya nggak apa. Itu kan pilihannya..." kata Mbak Irma.

Ah, jadi inget... dulu zaman awal mula mulai nulis soal parenting, selain masalah pelecehan seksual, yang bikin parno lainnya tuh, masalah bullying ini.

Gimana nggak? Sampai sekarang data soall kasus bully itu memang masih banyak, kok. Sekitar 3,2 juta anak-anak di dunia menjadi korban bully (perundungan atau penggencetan) dari teman-teman atau masyarakat di lingkungannya.

Sedih, ya?

Terus gimana? Perlu ngajarain anak ngelawan balik? Hantem balik?

Ya, sebenernya, mah... ngajarin aja untuk bela diri dan bertahan itu baik banget. Tapi nyatanya, ngelawan balik bukan sikap yang bijak juga, sih.

Selain menunjukan empati ke anak, selanjutnya yang paling penting ngajarin anak buat lebih tegas. Kalau emang nggak suka ada teman yang bersikap nyebelin, ya, bersuara.

Bilang nggak suka. Jangan malah didiemin dan bersikap pastif. Banyak penelitian yang membuktikan, kalau bersikap pasif memang nggak bermanfaat.

Kalau bully-nya lebih parah?

Nah, kalau kaya gini, latih anak untuk bilang ke pihak sekolah, wali kelasnya. Paling nggak, di sekolah kan juga ada kebijakan tertentu. Dengan bantuan pihak sekolah juga malah lebih netral, kita, yang kepalanya udah berasep denger anak di-bully juga bisa lebih tenang.

Maunya, sih, bisa bekelin Bumi ilmu beda diri. Seenggaknya jadi dia berasa PD karena punya keahlian. Eh, iya... sama pengen masukin Bumi ke perkumpulan sepakbola juga sih, tapi belum nemu.

Pas, nawarin anaknya juga nggak minat.

"Aku kan udah football di sekolah. Nggak mau, ah.."

Ya sudah kalau ndak maaauuuk.





2 komentar:

  1. Fadly awal sekolah malah lebih parah , Dis. Suka didorong, disengketa, bekalnya direbutin. Di rumah, gue Ozie ngajarinnya kalau yang bully laki² balas. Sekiranya urusan fisik.

    Yang bully perempuan, loe diemin atau loe tinggalin. Dan masukin Fadly ke Wing Chun dulu salah satu yang bikin dia pede ngadepin teman² yang yang ngebully.


    Alhamdulillah sekarang udah gak gitu lagi....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaaaak... kok sampe segitunya? zaman kelas brp, Sal?

      Ya, mungkin kl urusan sampe bully fisik, mukul dll, emang perlu latih utk tidak diam sih. Jgn sampe mereka justru ngerasa kuat dan menang....

      Hapus