Dari Hasil Patologi Operasi, Berujung dengan Review Pengeluaran Keluarga - Adisty Titania

Jumat, 16 November 2018

Dari Hasil Patologi Operasi, Berujung dengan Review Pengeluaran Keluarga

Makin tua, segala hal emang jadi makin serius ya... hahahhaa... apa ini cuma berlaku buat gue aja, ya, yang suka telat?

Alhamdulillah, punya suami yang bisa ingetin supaya nggak kebablasan.

Kebablasan ngomong ngegas, pasti doi ngomong :

"Ngomongnya biasa aja. Nggak usah gitu. Nggak enak tau, didengernya."

Kalau udah gitu, biasanya dari sadar buat nurunin intonasi.

Kebablasan pengen jajan? Ya diingetin juga,

"Jajan melulu, sih... perasaan kemarin udah jajan. Tahan."

Iyah, buat orang yang sudah cukup kenal dengan gue mungkin sudah paham kalau gue ini doyan jajan. Khususnya jajan makanan. Mikirnya, tuh,

"Yaelaaah... buat makan kenapa mesti pelit amat sih? Lagian kan makan enak juga bikin seneng...."

Ya, syukur-syukur kalau ada dana lebih, jadi bisa jajan sepatu sama tas, *uhuuuk*

Jadi ceritanya, minggu lalu saat mudik ke Vila Dago, gue sama suami tiba-tiba lagi nge-review soal pengeluaran keluarga.

Awalnya tuh, gara-gara ngomongin hasil patologi operasi payudara saya yang hasilnya memang baru.

"Alhamdulillah, ya, Mas... hasilnya bukan CA. Aku tuh udah khawatir banget, deh..." 
 "Sama aku, juga kok..."
"Iya... kebayang banget, ya, gimana kalau CA, biaya kan juga pasti gede banget..." 
"Nah, makanya... harus disiapin ini itunya... coba deh, itung2 lagi pengeluaran kita. Berapa banyak sih, investasi yang kita jalanin? Kan baru dikit banget. Itu nggak sesuai, lho, dengan pemasukan kita.
Dengan pemasukan kita berdua harusnya mah bisa lebih baik lagi. Apalagi kan investasi itu emang harus diusahain, bukan uang sisa. Nah, pengeluaran yang lain baru menyesuaikan..."

*akuh cuma bisa kicep aja ...

Ya...bener, sih. Lah wong sampe sekarang belum bisa kaya orang-orang, yang sudah punya dana darurat yang sesuai, sudah punya investasi ini itu....

Tadi tuh akhirnya cuma bisa bilang ke suami,

"Ya udah, sih... kan pelan-pelan jadi bukit"

Eh, malah dia jawab,

"Ya kapan mau jadi bukit kalau sekarang jadi gundukan aja belom?

Uuumh... Bhaaaaiiiique....

Kemarin-kemarin tuh, selalu bikin pembenaran sendiri.

"Ya udahlah... emang belum bisa investasi banyak... Ya kaya ginikan emang karena duit habis buat rumah dulu. Lunasin utang rumah, lanjut, mobil. Kelar, langsung renovasi rumah,nah, gimana mau investasi?"

Ya, biar gimana kan emang tiap keluarga punya prioritas, ya.

Seneng dan takjub banget kalau denger atau tau ada temen yang udah bisa investasi ini itu. Siapa sih, yang nggak kepengen?

Pengenlah!

Tapi kan ya itu tadi... semua keluarga punya prioritas.

Cuma emang tetep harus dibenerin juga, sih. Mengingat alhamdulillah gue masih bisa support suami, setidaknya mah investasi bisa nambah. Dengan cacatan kurangin jajan ini itu.

***bbbrrrppp tutup mata dan tutup mulut

Dalam rangka kemaslahatan keluarga, dan menyongsong masa depan jadi jurangan kost-kostan, jadilah waktu itu kami ngereview pengeluran keluarga.


Oh, ya, mau cerita sedikit, mungkin beda dengan keluarga lainnya,  soal pengeluaran keluarga ini kan kebanyakan suami nyetor ke istri untuk kelola uangnya, bayar ini itu, kalau kami sistemnya memang nggak kaya gitu.

Kesepakatan awal nikah, kami tuh emang mau sama-sama support. Jadi, masing-masing udah punya post sendiri-sendiri. Misal, suami bertanggung jawab buat bayar SPP sekolah, belanja bulanan, lunasin pinjaman cicilan renovasi rumah, dan lain-lain.

Nah, gue juga post sendiri, misal urusan bayar listrik, post seneng-seneng macam ke mall atau belanja baju yang jadi post gue.

Terus terang aja, dulu sempet pengen kaya yang lain, jadi menteri keuangan. Ngatur cashflow dan seluruh pengeluaran keluarga.

Dulu malah sempet ngebatin, "Wah, jangan-jangan suami nggak percaya nih, sama gue... "

Tapi nyatanya dengan begini malah bersyukur karena ngerasa dipermudah. Toh, yang paling penting emang saling terbuka satu sama lain. Duit habis untuk apa aja... Kami berdua sama-sama bikin catatan.

Lagian, kalau memang mau diubah juga sebenernya tinggal bilang aja. Dikomunikasiin.

Makanya, review keuangan kaya gini emang penting banget, sih. Paling nggak, harus dilakuin beberapa bulan sekali.

Paling nggak, kemarin itu kami benerin skema keuangan pakai prinsip 10 - 20 - 30 - 40


Prinsip 10-20-30-40


Jadi pendapatan kami selama sebulan itu digabung, baru dari sana dihitung atau dibagi menggunakan prinsip di atas.


10% dari gaji ini untuk digunakan sebagai kebaikan.


Misalnya, nih, dana untuk zakat yang emang wajib keluar tiap bulan, mau kbantu orangtua untuk biaya bulanan,  atau mau ajak makan-makan keluarga. Nah, jatahnya dari sini.

20% gaji untuk investasi


Setiap keluarga pasti punya mimpi yang beda-beda. Mau apa, nih? Ada yang pengen liburan ke Jepang atau Amerika, ada juga yang mau umroh atau naik hajim Bisa juga mimpinya itu mau sekolahin anak ke luar negeri.

Nah, kalau saya sih sama suami selain memang kepengen anak bisa sekolah tinggi dan bagus, kami juga pengen banget jadi juragan kontrakan atau kostan, hahahaha.

Nah, tadi tuh suami sempet bilang juga, "Investasi kita baru dikit banget, lho. Gimana nanti sekolah Bumi? Jangan sampe, deh, kalau buat nyekolahin anak kita sampai jual rumah..."

Iya juga, sih. Kalau nggak siap dengan dananya gimana? Lha, sejauh ini emang harta yang dipunya kan baru rumah. Ya, jangan sampai malah harta lenyap. Paling bener kan, harusnya bisa nambah.

Makanya, perlu disiapin. Lah tau sendiri biaya sekolah mahalnya kaya apa. Masuk SD aja bisa sampai 20 juta bahkan lebih, gimana kuliah?

ZzzZzzZz...

30% bayar utang atau cicilan


Iyes, saya sama suami mah masih punya utang. Belum sanggup lunasin utang cicilan biaya renovasi rumah.

Ini aja sudah sangat beruntung karena cicilan mobil sama KPR rumah udah lunas, kalau belum mah, nggak bakal bisa jajan makan enak, hahahaha.

Intinya, sih, sekarang udah harus belajar tutup mata, deh, jangan sampe punya utang cuma buat kebutuhan konsumtif macam beli tas dan sepatu.

Ya, kalau emang nggak ada duitnya, ya jangan beli dulu. Nggak perlu maksa.

Makanya karena cukup tau diri anaknya gampang khilaf dan cepet tergoda dengan bujuk rayuan syeton yang tekutuk buat beli ini itu, sekarang udah ga mau pakai CC lagi.
Jadi sekarang yang punya CC cuma suami aja.

Biar gimana kan emang cc itu juga dibutuhkan buat jaga-jaga.

40% kebutuhan hidup

Nah, kalau ini mah udah jelas ya. Biaya yang memang wajib dikeluarkan tiap bulan. Macam transportasi dan uang makan ke kantor, bensin, biaya sekolah anak, belanja bulanan, uang pulsa, biaya listrik, bahkan termasuk kebutuhan belanja beli baju dan hobi.

Dari sini baru deh, saya dan suami list lagi satu persatu. Dicek, selama sudah sesuai apa belum?

Kenyataannya, emamg belum sesuai. Pas dihitung ternyata biaya kebutuhan hidup kami lebih dari 40% pendapatan... malah kalau dihitung tadi kebutuhannya nyaris 50%. Ini kebutuhan hidup yaaaa...  hal yang pokok. Jadi emang bukan bukan gaya hidup.

Trus gimana?

Maunya, sih, bisa dikurangin ini itu sampai sesuai. Tapi sayangnya emang nggak bisa, sih. Akhirnya mau nggak mau prinsip 10-20-30-40 -nya disesuaikan. Salah satunya ya itu... idealnya bisa investasi 20% dari gaji, jadinya berukarang.

Habis gimana, kenyataan yang dihadepin kan emang sering kali nggak sesuai ekspektasi. Sejauh ini ya bersyukur aja. Masih punya penghasilan, bisa investasi meskipun masih remah-remahan, dan yang nggak kalah penting, utang nggak boleh bengkak.

Kalau membengkak, bisa-bisa bareng suami bengek berjamaah 😂😂😂😂

Tidak ada komentar:

Posting Komentar