Ada Apa dengan Anak Usia 6 Tahun? - Adisty Titania

Selasa, 01 November 2016

Ada Apa dengan Anak Usia 6 Tahun?

Tooooloooong, kepala saya mau pecah!

Hahahaa, sedikit lebay nggak apa-apa, ya? Tapi beneran, deh, pusing banget. Kali ini bukan musingin soal dana renovasi rumah yang ra uwis-uwis atau pusing karena tergoda sama tas Fossil tapi dana buat belinya nggak ada, hahahahaa… pusingnya karena perilaku Bumi.

Jadi, yaaa…. Belakangan ini Bumi itu perilakunya nggak banget. Pokoknya sering banget nyulut emosi. Udahlah emang dari sananya sumbu sabar yang dipunya pendek banget, eeeeh…. ulah Bumi malah bikin pening melulu. Bahkan, Pak Suami juga sampai kesulut emosinya. Padahal pak suami ini kan dinilai sebagai pria sabar dan nggak bisa marah, ya, hehehehe…

Emang bener, sih, ngadepin bini macam saya aja sabarnya bukan main :D Jadi, ketika suami sampai ngomong dengan nada tinggi, itu tandanya doi udah marah banget. Dan ini baru aja terjadi beberapa hari yang lalu.



Alkisah, habis pulang dari lihat rumah Dago kami memutuskan untuk main ke rumah Oscar Family. Waktu itu, saat perjalanan menuju rumah Oscar, pak suami memang lagi dengerin CD. Lalu tiba-tiba Bumi bilang, “Bapak aku mau dengerin Prambors, dong”. Berhubung waktu itu suami memang lagi nikmatin lagu kesenengannya, jadilah direspon, “Bapak dengerin CD dulu, ya. Gantian. Dari tadi kan sudah dengerin lagu Bumi?”

Bukannya dijawab baik-baik. eh, ni anak jawabnya ketus bukan main. "NGGAK MAU!!!! AKU MAUNYA DENGERIN PRAMBORS.”

*lho... lho.... kok, jawabannya kok langsung pakai tegangan tinggi

Dengan kalem, suami jawab….”Ya sudah, kalau gitu gantian, ya. Sekarang dengerin Prambors, tapi nanti saat kita pulang dari rumah Om Oscar, bapak dengerin CD lagi…
“NGGAK MAU, POKOKNYA AKU MAU DENGERIN PRAMBORS. NANTI JUGA MAU DENGERIN PRAMBORS”

*Nah, lho… kok, jawabnya makin gini amat, ya? Keseeeel….

Tapi berhubung percakapan ini antara bapak dan anak, ya coba nahan buat nggak ikut-ikutan. Diam aja, deh. Biar mereka berdua yang menyelesaikan konfliknya.

Tapi bukannya kelar dan sepakat ambil jalan tengah, eeeeh… Bumi tetep aja keukeuh sumekeh. Sampai akhirnya Pak Suami memutuskan untuk matiin radio ataupun muter CD. Yang ada, bukannya dengerin musik, hampir sepanjang jalan menuju rumah Oscar, dengerin Bumi yang terus ngegerundel.

Ya Tuhaaan….

Contoh lainnya, nih… sehari sebelum peristiwa ini, kami bertiga juga sempat jalan-jalan ke Citos. Dari awal tujuannya udah jelas, cuma mau makan steak doang. Jadi nggak ada, deh, cerita mau beli mainan atau belanja ini itu. Sampai akhirnya, sebelum makan Bumi tanya, “Boleh nggak aku nanti liat mainan? Aku mau liat lego, yaaa….”

Ok, sip. Kami sepakat mampir liat-liat lego. Itu pun karena awalnya kami kira Bumi sudah paham, kalau hari itu bukan waktunya beli mainan, kalaupun liat-liat juga cuma sebentar. Eh, kenyataannya ni anak malah minta beliin lego.

Setelah diingatkan soal kesepakatan, anaknya tetep ngeyel minta dibeliin. Terus dibelin? Ya, nggaklah. Bahkan saat permintaannya dia turunin jadi gantungan kunci lego, jawabannya tetep nggak. Bisa ketebak, ya, kalau ujung-ujungnya ni bocah uring-uringan.

Asli, deh, kondisi kaya gini bikin emosiiiih….padahal, seingat saya, dulu Bumi nggak pernah begini. Dia cukup paham yang namanya aturan dan kesepatakan yang kami buat bersama. Kalau kata suami, sekarang ini Bumi malah kelihatannya cenderung ‘nantangin’. Nggak mau kalah!

Berpuluh kali ngobrol sama psikolog, ikutan beragam talkshow soal psikologi anak, tetep aja saat ngadepin kondisi kaya begini bikin pusing. Sampai akhirnya saya bilang ke suami, “Ya kayanya memang usia 6 tahun kaya Bumi, memang tahap mereka sangat egois, deh”.

Tapi apa iya?

Saya pun lantas ingat dengan postingan Keluarga Kita di akun social media mengenai tahapan anak. Jadilah saya kembali ‘mengintip’ tahapan perkembangan anak usia 6 tahun, khususnya sisi social dan emosionalnya. Dan ternyataaaa… apa yang tulis Keluarga Kita ini bener-bener mirip dengan kondisi Bumi saat ini.

Jadi, ada beberapa tahapan perkembangan social emosional anak usia 6 tahun yang perlu dipahami orangtua, seperti yang gue kutip dari Keluarga Kita, yaitu :
1.      Egosentris. Abak 6 tahun itu ternyata melihat sesuatu untuk kepentingannya sendiri. Nah, kan… Bumi banget, nih!
2.      Mudah sedih, dan kecewa, terutama ketika mereka mengalami kegagalan.
3.      Senang sekali menantikan RUTINITAS yang menyenangkan buat mereka. Soal ini, mungkin bisa dilihat kalau belakangan ini Bumi terlihat nggak mau rugi banget kehilangan jatah main games di hari Sabtu dan Minggu. Dan Bumi, juga sekarang ini selalu nagih gue atau suami buat ngedongengin  menjelang tidur.
4.      Tidak terlalu tergantung pada keluarga dan pertemanan berkembang.
5.      Kadang takut dengen petir, kegelapan, suara aneh dan binantang.
      Ini juga pas banget, nih! Beberapa waktu lalu soal kondisi ketakutan Bumi yang yang gue nilai berlebih ini sudah pernah gue tulis di Mommies Daily.
6.      Susah TENANG sendiri saat ia merasa kalah atau saat diberitahukan hal yang benar. Lewat cerita gue di atas, bisa kelihatan, ya, kalau Bumi memang lagi ngalaman poin ke-6 ini. Dikasih tahu yang bener, malah ngeyel.
7.      PERUBAHAN EMOSI mendadak, sebentar mau berteman sebentar lagi musuhan. Hahahaha…. jadi inget, suatu hari Bumi curhat kalau dia merasa kesel dengan temannya. Tapi yang lebih sering, sih, Bumi kesel sama Ibu dan Bapaknya sendiri. Bilang nggak mau ngomong dan temenan sama Ibu dan Bapak selama setahun. Tapi 10 menit kemudian juga udah lupa dan ngobrol kaya biasa.
8.      Butuh PENGAKUAN orang dewasa dewasa dan mencari cara untuk diperhatikan. Nah, ini juga…. Bumi sekarang ini capernya bukan maaaiiiiin…. Dan bisa langsung ‘manis’ kalai sedang dielu-elukan.
9.      Kadang CURANG dan MENGAMBIL milik teman. Waah… kalau ini, sih, mudah-mudahan ngak, ya. Setidaknya sampai sekarang gue belum dapat laporan dari guru ataupun menemukan barang yang bukan miliknya di tas sekolah. Malah saat zaman TK, Bumi pernah bawa mainan temennya pulang ke rumah :D
10.   Anak usia 6 tahun sudah PAHAM PERILAKU BURUK dan BAIK berdasrkan ekspektasi atau nilai-nilai dari rumah dan sekolah.

Intinya, sih, ternyata kalau dilihat dari penjelasan Keluarga Kita ini, hal yang bikin kepala gue mau pecah adalah hal yang wajar. Artinya, gue perlu belajar untuk bersikap dan merespon dengan baik. Dan tentu saja nggak perlu sampai lebaaayyy, hehehe. Biar gimana, sengeselin-ngeselinnya peristiwa ini memang bagian dari proses belajar, baik untuk Bumi dan gue sendiri sebagai orangtua. 

Jadi mari belajar bersama anakku sayang….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar